MER-C

Kepada warga Bumi Lestari
Silahkan sharingkan di sini, informasi apapun yang sekiranya bermanfaat bagi sesama warga Bumi Lestari. Kirim ke alamat email berikut : ForumBumiLestari@gmail.com

Senin, 11 Januari 2010

Jembatan Layang Bulak Kapal Segera Dibangun! Giliran Tambun Menyusul?

BEKASI -- Jembatan Layang Bulak Kapal di Jalan Joyo Martono, Bekasi Timur akan dibangun tahun ini. Departemen Pekerjaan Umum (DPU) pun sudah menyetujui pembangunan Jembatan Layang di Bulak Kapal untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan tersebut.
Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Agus Sofyan, mengatakan, Pemkot Bekasi telah mengajukan usulan pembangunan Jembatan Layang Bulak Kapal kepada DPU pada pertengahan 2009 lalu. Informasi yang didapat, kata dia, DPU merespons baik usulan tersebut dan telah mengalokasikan anggaran Rp 150 miliar dari APBN 2010 mendatang untuk melakukan pembangunan Jembatan Layang Bulak Kapal.

''Kami belum mengetahui kapan pelaksanaan Jembatan Layang Bulak Kapal akan dilakukan, yang jelas 2010 mendatang telah dimulai pembangunannya,'' ujarnya, Kamis (7/1)

Menurutnya, secara teknis, berapa panjang Jembatan Layang dan waktunya Pemkot Bekasi tidak mengetahui secara pasti karena pembangunan Jembatan Layang tersebut seluruhnya ditangani DPU. Namun, Jembatan Layang Bulak Kapal ini akan dibangun mulai dari Jalan Joyo Martono hingga Jalan Pahlawan, Bekasi Timur, melewati perlintasan rel kereta api Bulak Kapal yang berada tepat di sisi Taman Makam Pahlawan Bekasi.

Dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan itu, Pemkot Bekasi hanya mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan yang akan terkena proyek. Hingga saat ini, Pemkot Bekasi tengah menghitung berapa luas lahan yang akan terkena proyek tersebut serta nilai anggaran pembebasan lahan.

Agus menerangkan, pembangunan Jembatan Layang Bulak Kapal dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di simpang Bulak Kapal antara Jalan Juanda dan Jalan Joyo Martono, Bekasi Timur. Kemacetan yang terjadi di lokasi ini lebih diakibatkan volume kendaraan yang cukup padat dari arah Joyo Martono menuju Jalan Pahlawan dan sebaliknya. Belum lagi, bila di saat bersamaan melintas kereta api, kemacetan di lokasi ini semakin parah.

''Jembatan Layang ini dibangun juga untuk mengantisipasi bila proyek double double track (DDT) PT KAI terealisasi, Volume lalu lintas kereta api tentunya akan semakin padat,'' ungkapnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Bekasi, Sudirman, mengatakan Pemkot Bekasi harus segera bersiap melakukan penghitungan luas lahan yang akan terkena proyek. Hal ini sangat penting, agar saat DPU telah siap memulai pelaksanaan pembangunan, tidak ada lagi kendala dalam pembebasan lahan dan bangunan milik masyarakat yang terkena proyek. ''Saya tidak hapal apakah alokasi anggaran untuk pembebasan lahan proyek di Bulak Kapal telah dimasukkan dalam APBD 2010,'' ujarnya.

Namun, kata dia, pembangunan Jembatan Layang Bulak Kapal sudah sangat ditunggu warga. Apalagi, rencana pembangunan itu sudah diwacanakan beberapa tahun lalu. REPUBLIKA - c14 ed: maghfiroh


Sumber: Republika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dompet Dhuafa