MER-C

Kepada warga Bumi Lestari
Silahkan sharingkan di sini, informasi apapun yang sekiranya bermanfaat bagi sesama warga Bumi Lestari. Kirim ke alamat email berikut : ForumBumiLestari@gmail.com

Selasa, 06 Januari 2009

Optimisme di Tengah Kegelisahan

Masih ingat komentar para pakar ekonomi pada pertengahan 1998? ''Indonesia akan bangkrut.'' Kira-kira semacam itulah nadanya. Wajar, karena ekonomi tercabik-cabik, dolar bergerak liar, sembako langka dan mahal, inflasi 75 persen, bunga bank 70 persen, belum lagi dukungan terhadap pemerintah yang tipis.

Betulkah Indonesia bangkrut? Ternyata tidak. Pertumbuhan ekonomi yang minus 13,6 persen pada 1998 sudah kembali positif pada 1999, meski baru 0,62 persen. Kurs rupiah yang pernah menyentuh Rp 16.000 per dolar turun separuhnya menjadi sekitar Rp 8.000.

Bahwa perekonomian masih sulit, utang luar negeri membengkak, jumlah masyarakat miskin bertambah banyak, pengangguran berlipat, betul, tapi perekonomian masih tetap jalan. Setidaknya: tidak bangkrut!

Apa kuncinya? Ada optimisme dari BJ Habibie yang saat itu jadi orang nomor satu di negeri ini bahwa perekonomian akan bangkit. Optimisme itulah yang melandasi kerja keras dalam mengelola ekonomi negara.

Klik di sini untuk membaca artikel selengkapnya...











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dompet Dhuafa